Sabtu, 20 Desember 2008

Jembatan Akar di Asam Kumbang


Jembatan Akar


Jembatan Akar,sebuah obyek wisata yang terletak di desa Pulut-pulut,Kenagarian Asam Kumbang,Kecamatan Bayang Utara.Kabupaten Pesisir Selatan.
Unik memang sebuah jembatan melintasi sebuah sungai Batang Bayang hanya terbuat dari akar pohon beringin hidup yang dijalin hingga bisa dilewati oleh warga dusun Lubuk Silau,yang terletak diseberangnya.
Dahulu kala seorang ulama yang bernama Fakih Sokan,menurut cerita orang tua-tua disekitar jembatan akar tersebut jembatan akar ini mulai dibuat oleh Fakih Sokan sekitar tahun 1890 dan baru dapat dipergunakan oleh masyarakat sekitar tahun 1916.Jadi fakih Sokan menjalin akar pohon beringin tersebut lebih kurang 26 tahun lamanya baru tercipta sebuah jembatan terunik yang ada di dunia ini.(orang Pesisir selatan Boleh bangga lho.Memang hanya satu-satunya didunia.Maka itu orang pesisir selatan harus menjaganya).
Disamping itu,dahulu diawal-awal tahun dua ribuan Bupati Pesisir selatan H.Darizal Basir pernah berkata bahwa siapa yang mandi dibawah jembatan akar ini akan cepat dapat jodoh,tentu bagi orang yang belum punya jodoh.
Berita diatas entah benar,entah tidak.tetapi sesungguhnya Pak Bupati itu hanya promosi obyek wisata jembatan akar ini agar lebih ramai dikunjungi orang.

Sumber : Paksiut.Blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar